img
Dipublikasikan : 2019-08-25 21:26:56 | Lihat : 10

FINTECH SYARIAH

Perkembangan pesat di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berpengaruh pada segala aspek kehidupan sosial bermasyarakat.  Demikian juga dalam aspek kehidupan bermuamalah, kemajuan TIK berhubungan secara langsung dan menjadi kebutuhan pokok.

Salah satu kemajuan TIK yang berhubungan langsung dalam kebidupan bermuamalah di jaman modern saat ini adalah Fintech. Apa itu Fintech? Fintech adalah akronim atau singkatan dari Financial Technology jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Teknologi Finansial. Namun, di era seperti ini Fintech sudah merambah lebih luas salah satunya yaitu menjadi Fintech Syariah.

Financial teknologi syariah atau Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan berdasarkan prinsip syariah yang mempertemukan atau menghubungkan Pemberi Pembiayaan dengan Penerima Pembiayaan dalam rangka melakukan akad pembiayaan melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

Salah satu pedoman yang harus diikuti oleh penyelenggara fintech syariah adalah tidak boleh bertentangan dengan prinsip Syariah, yaitu antara lain terhindar dari riba, gharar, maysir, tadlis, dharar, zhulm, dan haram. Perbedaan yang paling menonjol antara Fintech Syariah dan Fintech Konvensional salah satunya adalah bunga. Dimana di dalam syariat Islam bunga tidak diperbolehkan karena terdapat unsur riba. Tentu, bagi pengguna fintech syariah akan merasa lebih nyaman dalam melaksanakan layanan keuangan.